CARA YANG TEPAT UNTUK MEMBERSIHKAN AREA MATA

Beberapa hal berikut adalah cara yang tepat untuk membersihkan area mata yang sangat sensitif yang bisa anda coba.

Jangan Lakukan Gerakan Menggosok
Mungkin anda telah terbiasa membersihkan tata rias wajah dengan menggosok keras pada area mata agar cepat bersih. Ini adalah cara yang keliru. Gerakan menekan atau menggosok terlalu keras dapat menyebabkan kulit area mata mengalami trauma yang memicu kulit menjadi sensitif, kering, dan berpotensi menimbulkan kerutan dini. Sebaiknya lakukan gerakan lembut satu arah. Lakukan mulai dari pangkal mata ke arah bulu mata, kemudian sudut dalam ke sudut luar mata atas (melawan gravitasi).

Cara Tepat Menggunakan Eye Make Up Remover

  1. Gunakan kapas yang sudah dibasahi eye make up remover.
  2. Untuk kelopak mata atas, sapukan secara lembut mulai dari bawah alis ke arah bulu mata. Ulangi beberapa kali sampai bersih.
  3. Pada garis mata bawah, bersihkan secara lembut mulai dari sudut dalam ke sudut luar mata.
  4. Bersihkan maskara dan sisa eyeliner dengan bantuan cotton bud yang sudah dibasahi eye make up remover.
  5. Pilih eye make up remover yang mengandung minyak untuk menghapus tata rias mata jenis waterproof.CARA YANG TEPAT UNTUK MEMBERSIHKAN AREA MATA

Eye Make Up Remover Sesuai Usia
Eye make up remover yang dijual di pasaran umumnya dapat digunakan untuk segala usia. Meskipun demikian, Tidak ada salahnya  menggunakan make up remover yang sesuai dengan kondisi kulit dan aktivitas kelompok usia tertentu untuk membersihkan area mata anda.

  1. Usia 20-an, kulit anda sedang berada dalam kondisi puncak, yaitu lebih tahan terhadap gangguan. Wanita di usia ini juga umumnya tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan ritual membersihkan make up. Karena itulah, kini hadir eye make up remover dalam bentuk lembaran kain  seperti tisu basah yang praktis. Hindari produk yang berminyak karena aktivitas kelenjar minyak kulit masih tinggi.
  2. Usia 30-an memerlukan make up remover yang mengandung bahan eksfoliasi lembut, seperti PHA atau salicylic acid atau AHA, karena turn-over kulit mulai melambat dan jadi kusam.  Kulit perlu diberikan serum atau krim anti aging yang salah satunya mengandung vitamin C.
  3. Usia 40 tahun ke atas, pilih produk pembersih yang lebih berminyak dan lebih tinggi kandungan pelembapnya. Sebaiknya  berhati-hati saat membersihkan make up dan maskara  karena kulit area mata dan bulu mata lebih rapuh.

Aplikasikan Produk Perawatan Mata
Dari artikel sebelumnya mengenai trick makeup untuk pipi chubby, disini juga harus menjaga kondisi kulit di sekitar mata, gunakan produk khusus untuk area mata dan pelembap yang mengandung bahan aktif untuk menjaga elastisitas dan kelembapan, misalnya serum mata ataupun krim mata.  Pilih yang lebih creamy dan cari yang mengandung botanical stem cell dan peptida untuk wanita yang lebih berumur. Bahan aktif yang umum pada serum atau krim mata adalah antioksidan,vitamin C, dan retinol.